About FanFiction

Untuk kamu pecinta K-Pop, tentunya pasti udah ga asing lagi kalo denger istilah FanFiction…Dan admin di sini cuma mau sedikit jelasin buat kamu yang belum tau apa sih FanFiction itu??

FanFiction adalah sebuah cerita fiksi yang di buat sama para penggemar tentang idolanya. Di dalam FanFiction sang penggemar bisa nuangin daya imajinasinya tentang sang idola yang ga mungkin terjadi di kehidupan nyata. Dan Miss FanFiction hadir di sini khusus buat menyuguhkan FF tentang K-Pop. Nah, selain meningkatkan imajinasi, dengan bikin FF ini juga bisa meningkatkan kreatifitas para K-Pop Lovers, lho…;)

FF emang ga punya aturan khusus, tapi ada beberapa hal yang biasa ada di dalam FF…Di antaranya ada Genre, Type / Lenght, dan Rating.

1. Genre

– Drama : Genre yang mengutamakan pada konflik emosi dan bertujuan membuat pembaca terhanyut dalam ceritanya.

– Adventure: FanFict yang menggambarkan kejadian-kajadian yang terjadi dalam sebuah petualangan.

– Parody: Hampir sama dengan humor, hanya saja unsur lucunya terletak diakhir cerita dan tidak disangka olah kita. Parody biasanya digunakan untuk menyindir karakter, plot, bahkan realita yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

– Fantasy: Fanfict yang mana author menciptakan sendiri dunianya, sebuah alternative dunia yang berada dalam legenda atau mitos zaman dulu. Biasanya melibatkan sihir, unsur mistik, atauh hal-hal supranatural. Contoh: dongeng-dongeng.

– Family: Berkisar mengenai masalah yang terjadi dalam kehidupan keluarga.

– Life : Aliran atau genre ini sebenernya lebih masuk ke tipe FF kali ya? Aliran ini bukan mengenai kehidupan tapi di angkat dari kehidupan. Bisa sih kalau berupa kejadian-kejadian dalam kehidupan nyata walaupun gak mesti di angkat dari kisah nyata. Yang penting tentang hidup di dunia nyata.

– Mystery : Cerita ini udah jelas berisikan adegan di mana karakter utama (kadang reader) mencari tahu tentang apa yang terjadi sebenarnya melalui clue yang di beri penulis. Biasanya cerita detektif

– Horror : Cerita yang membawa emosi takut pada pembaca atau karakter/tokoh itu sendiri. Biasanya berupa ketakutan pada hantu, murder atau psikopat.

– Action : Aliran ini biasanya menceritakan aksi sang tokoh melawan sesuatu, menghadapi sesuatu atau menjawab sebuah tantangan.

– Romance : Fanfict yang isinya tentang sesuatu hal yang romantis atau banyak membahas tentang cinta

2. Type

– One Shoot : Tipe cerita ini udah pasti panjangnya gak lebih dari satu bagian. Pendek tapi lebih dari 3000 kata, dan tidak ada pemotongan adegan/bagian yang mana berarti bersambung. Konflik biasanya hanya satu dan selesai pada bagian itu juga.

– Chaptered / Series : Fanfict yang di buat bisa dalam beberapa part

– Sequel : Cerita berkelanjutan yang seringkali punya lebih dari 1 konflik, beberapa konflik selesai dalam satu chapter beberapa lagi selesai pada klimaks utama ceritanya yang berarti benar-benar akhir cerita. Kata sequel jarang di gunain, biasanya forum FF lebih ngegunain kata continue, series atau chaptered e.t.c

Yuri – Shojo-ai : Kalau lebih menceritakan adegan s** secara jelas maka di sebut YURI, tapi kalau lebih ke roman antara tokoh ceweknya di sebut SHOJO-AI. Inget yaaaa Shojo-ai dan Yuri itu ada bedanya walaupun sama-sama mengisahkan percintaan antara wanita dengan wanita.

Yaoi – Shounen-Ai : Sama kayak yang cewek, kalau lebih focus ke adegan smut di sebut Yaoi tapi kalau lebih focus ke adegan roman nya di sebut Shounen-Ai

3. Rating

G : General Audience, FF ini mencangkup semua umur. Berarti cerita ini tidak mengandung hal yang menurut pandangan orangtua berbahaya, bahkan untuk anak terkecil sekalipun.

K : Kids, berarti FF ini bisa di baca oleh anak kecil

T : Teen, FF ini menceritakan kisah para remaja dan agak-agak kurang pas kalau di baca sama anak-anak yang belum masuk kategori remaja.

PG : Parental Guidance Suggested, beberapa hal mungkin ga sesuai untuk anak tapi setidaknya ga melebihi batas wajar.

PG-13 : Parents Strongly Cautioned, kalau udah ada umur yang tercantum berarti banyak hal yang ga sesuai sama anak di bawah 13 tahun. Dan biasanya udah sedikit menjurus pada kekerasan atau adegan-adegan yang agak intim atau kalimat-kalimat agak seronoh.

R : Restricted, Mereka yang di bawah 17 tahun memerlukan pendampingan orangtua (usia bervariasi, tergantung tempat). Sangat mungkin mengandung bahasa yang kasar, tema dewasa, kekerasan, adegan s**s dan penggambaran penggunaan narkoba

NC – 17 : NO CHILD, No One 17 and Under Admitted berarti yang belum masuk kategori remaja ke atas di larang untuk membaca apalagi tanpa bimbingan orangtua.

Gimana, bergunakah penjelasan di atas??? Jadi, buat kamu para pecinta FanFiction, mungkin ada baiknya kalian bukan hanya baca atau nulis tapi kalian juga bisa mengenal dulu kaya apa sih hal” yang harus di perhatiin dalam FF itu,hehe…Moga bermanfaat yah….^^

credit : b1a4fanfictions@wp

4 thoughts on “About FanFiction

  1. thor, tolong bikin dong FF yang Cast utama nya Jo Kwangmin, kebanyakan nya Youngmin, aku inginnya kwangmin , bisakah ? request nih😦 please, aku nemu cuma yang Love Story doang .. kasih tau ya kalo ada yang cast utamanya Kwangmin ke gyas.citra@yahoo.co.id only Kwangmin ya🙂 Gamsahamnida thor🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: